Berita seputar Asosiasi Penyelenggara Perguruan Tinggi Psikologi Indonesia

Rate this item
(2 votes)

Keputusan Bersama AP2TPI  Nomor : 03/Kep/Ap2TPI/2013 dengan Himpunan Psikologi Indonesia
Nomor : 003/PP-Himpsi/IV/13 tentang Kurikulum Program Studi Psikologi Profesi (S2).

Isi keputusan secara lengkap dapat diunduh dari attachments di dalam kotak di bawah ini

Rate this item
(0 votes)

KEPUTUSAN ASOSIASI PENYELENGGARA PENDIDIKAN TINGGI PSIKOLOGI INDONESIA (AP2TPI) NOMOR: 02/Kep/AP2TPI/2013 TENTANG KURIKULUM INTI PROGRAM STUDI PSIKOLOGI JENJANG SARJANA

Isi keputusan secara lengkap dapat diunduh dari attachments di dalam kotak di bawah ini

 

Rate this item
(0 votes)

KEPUTUSAN ASOSIASI PENYELENGGARA PENDIDIKAN TINGGI PSIKOLOGI INDONESIA (AP2TPI)

 

NOMOR: 01/Kep/AP2TPI/2013

Tentang PENDIDIKAN TINGGI PSIKOLOGI DI INDONESIA.

 

Isi keputusan secara lengkap dapat diunduh dari attachments di dalam kotak di bawah ini



Rate this item
(0 votes)

Laporan Kegiatan Pengurus AP2TPI periode 2011-­-2013, disampaikan pada Kolokium Psikologi Indonesia XXIII di Hotel Savoy Homann Bandung, 16-18 April 2013.

Terdapat 21 kegiatan selama dua tahun (rata-rata satu bulan satu kegiatan). Laporan Kegiatan secara detail dapat dilihat dalam lampiran/attachment di bawah.

Hasil nyata Pengurus AP2TPI2011--2013 (dan kerjasama dengan Himpunan Psikologi Indonesia, serta Direktorat Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI) :

  1. Perubahan Kolokium menjadi perkumpulan berbadan hukum dengan nama Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI).
  2. Misi, Nilai, dan Program Kerja Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI).
  3. Website Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia (www.ap2tpi.or.id)
  4. Learning outcome Program Studi Psikologi dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sebagai pelengkap deskriptor kualifikasi lulusan.
  5. Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 315/E/O/2011 tentang Pencabutan Program Studi Psikologi (S2) dan Penetapan Kembali menjadi Program-program Studi Psikologi (S2) dan Psikologi Profesi (S2) pada Perguruan Tinggi.
  6. Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 259/E/O/2012 tentang Perubahan atas Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 315/E/O/2011 tentang Pencabutan Program Studi Psikologi (S2) dan Penetapan Kembali menjadi Program-program Studi Psikologi (S2) dan Psikologi Profesi (S2) pada Perguruan Tinggi.
  7. Hasil workshop pengembangan tes di Indonesia dan Program Workshop Psikometri dan Konstruksi Tes untuk Dosen Pengajar Program Studi Psikologi (S1)
  8. Surat Keputusan Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI) nomor 01/Kep/AP2TPI/2013 tentang Pendidikan Tinggi Psikologi di Indonesia.
  9. Surat Keputusan Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI) nomor 02/Kep/AP2TPI/2013 tentang Kurikulum Inti Program Studi Psikologi Jenjang Sarjana.
  10. Surat Keputusan bersama Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI) nomor 03/Kep/AP2TPI/2013 dengan Himpunan Psikologi Indonesia nomor03/PP-­Himpsi/IV/13 tentang Kurikulum Program Studi Psikologi Profesi Jenjang Magister.


Tindaklanjut dan kebutuhan pengembangan program  AP2TPI kedepan:

  1. Mendaftarkan perkumpulan AP2TPI sehingga tercatat dilembaran Negara Republik Indonesia.
  2. Mengimplimentasikan misi dan nila iAP2TPI serta menindaklanjuti program-program kerja yang ditetapkan.
  3. Mengembangkan hubungan yang baik dan kerjasama dengan institusi pemerintah yang terkait seperti DirjenDikti, BAN-PT, BSNP, dan sebagainya.
  4. Mensosialialisasikan AP2TPI dan mendorong para penyelenggara pendidikan tinggi Psikologi untuk menjadi anggota.
  5. Merumuskan dan memutuskan Standar Nasional PendidikanTinggi Psikologi di Indonesia di berbagai standar dengan merujuk pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang ditetapkan oleh Dirjen Dikti dan BNSP.

Semoga AP2TPI terus berkembang dan berkiprah besar dalam memajukan pendidikan Psikologi di Indonesia. Marilah bersama menjalin kerjasama dalam wadah AP2TPI untuk mewujudkan pendidikan tinggi Psikologi yang berkualitas dan mampu bersaing d itingkat global.

Ketua AP2TPI 2011-2013,

Dr. Seger Handoyo

Rate this item
(0 votes)

 

Materi Sidang Pleno Kolokium Psikologi Indonesia XXIII tahun 2013 di Hotel Savoy Homann Bandung, 17 April 2013 terdiri dari :

  1. "Mewujudkan Pendidikan Tinggi yang Terjangkau dan Bermutu dalam Frame Undang-Undang No 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi" oleh Prof. Nizam, Sekretaris Dewan Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
  2. "Penjaminan Mutu, Akreditasi dan Tata Kelola Pendidikan Tinggi" oleh Prof. Dwiwahju Sasongko, Sekretaris BADAN AKREDITASI NASIONAL – PERGURUAN TINGGI

Materi lengkap dapat diunduh pada attachments di bawah ini :

 

Page 6 of 8
You are here: Berita