• PDF

Kolokium Psikologi Indonesia XX di Kuta Bali

10
Aug 2011

"Meningkatkan Kualitas Pendidikan Psikologi" berdasarkan IQF (Indonesian Qualification Framework)

Pelaksanaan Kolokium Psikologi Indonesia XX dihelat di Hotel Inna Kuta Beach mulai tanggal 22 sampai dengan 24 April 2010 yang dihadiri oleh para delegasi dari perguruan tinggi penyelenggara pendidikan psikologi di seluruh Indonesia.

Kegiatan kolokium ini diawali dengan sesi stadium general yang menghadirkan nara sumber dari Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTI) Kemendiknas yang membahas tentang kebijakan pemerintah dalam hal ini Kemendiknas mengenai kualitas lulusan perguruan tinggi. Salah satu kebijakannya adalah diterapkannya IQF (Indonesian Qualification Framework) atau yang lebih terkenal dengan nama Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Di mana, seluruh proses akreditasi akan mengacu pada deskriptor tentang KKNI dari suatu program studi tertentu yang ada pada perguruan tinggi penyelenggara pendidikan.

Indonesian Qualification Framework atau Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia ("IQF/KKNI") dipakai oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) untuk melakukan "akreditasi" program studi. "IQF/KKNI" merupakan "tingkat capaian pembelajaran"(learning outcome dan bukan standar kompetensi lulusan (competence base). "IQF/KKNI" adalah kualifikasi manusia produk PT, "dapat berbuat apa setelah lulus"? "IQF/KKNI" = level kualifikasi minimum. Sebagaimana juga lulusan yang dihasilkan dari pendidikan psikologi "deskripsinya "lulusan sarjana S-1 memiliki learning outcome apa?

Dalam KKNI yang merupakan deskriptor generik untuk semua bidang imu sosial. Deskriptor spesifik program studi psikologi dirumuskan oleh forum kolokium psikologi (draft rumusan sudah dihasilkan dari KPI XX di Kuta bali & sedang "ditata bahasakan" oleh tim kecil (SC KPI XX, dan segera diedarkan ke seluruh anggota KPI).

 

You are here: Home